Monday, March 25, 2019

Fakta ISIS Yang Belum Diketahui

Sumber: Google

Benteng terakhir ISIS di Baghouz berhasil di rebut hal tersebut menandakan kekalahan kelompok teroris yang telah berkuasa di Irak dan Suriah selama bertahun-tahun tersebut. Seperti yang kita ketahui kekejaman ISIS selama berkuasa terkenal dengan kekejaman yang sangat amat kasar, akan tetapi walaupun kalah menurut  Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan bahwa ISIS masih menjadi ancaman utama.


Seperti apa sebenarnya rekam jejak kelompok teroris ini? Berikut adalah 7 fakta tentang ISIS, seperti dihimpun dari beberapa sumber.

1. Kelompok teroris terkaya di dunia

ISIS disebut sebagai kelompok teroris terkaya di dunia. Mereka mendapatkan uang dari penyelundupan minyak, pemerasan, pencurian, dan perdagangan manusia. ISIS juga memberlakukan pajak tinggi kepada penduduk yang tinggal di wilayah kekuasaannya, ditambah lagi mereka kerap melakukan perampokan bank untuk menambah pundi-pundinya.

2. Konsisten merekrut pejuang asing

Selain kemampuan tempur dan tindakan brutalnya, ISIS juga dikenal akan kemampuan propagandanya untuk menarik minat simpatisan dan pejuang asing dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Propaganda tersebut mereka sebarkan melalui media sosial yang menyasar kaum muda baik pria maupun wanita. Kaum pria umumnya akan dijadikan kombatan sementara yang wanita dijadikan istri-istri.

3. Membuka pasar budak seks

Saat berkuasa, ISIS mengumpulkan para wanita Yazidi untuk kemudian dijual sebagai budak seks. Konon, mereka juga menghadiahkan wanita kepada para prajurit 'teladan'. Yang mengerikan dari hal ini adalah tidak sedikit dari korban yang masih di bawah umur.

4. Kelompok teroris tersadis

Kekejaman ISIS membuat kelompok teroris lain menggelengkan kepala mereka. Salah satu rekan senior Osama bin Laden begitu membenci kelompok ini sehingga dia memperingatkan bahwa Al-Qaeda harus memutuskan semua hubungan dengan ISIS. Alasan yang dikutipnya adalah bahwa ISIS mampu melakukan tindakan barbar di level ekstrem dan tidak memedulikan kehidupan manusia.

5. Memproduksi senjata sendiri

Alasan di balik mumpuninya persenjataan ISIS adalah karena mereka memiliki pabrik senjata sendiri. Di Mosul, Irak, ditemukan beberapa pabrik senjata ISIS yang berskala industri. Para pengawas dari Inggris yang beroperasi dengan Angkatan Darat Irak juga menemukan beberapa pabrik, bengkel, dan gudang tempat ISIS memproduksi dan menyimpan senjata.

6. Melek teknologi

Fakta lain tentang ISIS yang membedakannya dari kelompok teroris tradisional adalah kemampuannya meretas. Mereka sempat mencuri perhatian saat meretas akun Twitter dan YouTube Komando Pusat Militer Amerika Serikat. Meskipun tidak menyebabkan kerusakan berarti, tapi hal itu menunjukkan kapabilitas mereka menggunakan teknologi. Selain itu, fakta bahwa ISIS memiliki kontrol sementara atas akun media sosial Komando Pusat AS menunjukkan seberapa jauh organisasi teroris telah berkembang dan apa yang harus diantisipasi dari mereka.

7. Minim perencanaan

Hal yang menyeramkan dari ISIS adalah bahwa mereka tidak memiliki rencana pascaperang. Artinya mereka siap untuk berperang tanpa akhir. Misi ISIS adalah mendirikan kekhalifahan Islam di seluruh Irak dan Suriah, namun tidak pernah menunjukkan langkah spesifik untuk mencapai hal itu selain menampilkan kekejaman.

Sumber: Akurat.co

No comments:

Post a Comment

Bank BJB Usaha Perseroan Harus Memiliki Tujuan Mulia

Sumber: Google Bank BJB  menyabet gelar  TOP GRC 2019  karena dinilai memiliki infrastruktur, dan implementasi tata kelola perusaha...